Fungsi Fungsi Sistem Manajemen Gudang

Fungsi Fungsi Sistem Manajemen Gudang – Tanpa sistem manajemen gudang, sebuah perusahaan tak akan berjalan lancar dan dapat berkembang. Pastinya banyak kendala yang membuat perusahaan kalah saing dengan perusahaan baru yang banyak bermunculan, untuk itulah fungsi sistem manajemen gudang atau disebut warehouse sangat penting. Dengan manajemen gudang yang dikelola dengan benar maka pengendalian material gudang tepat, baik untuk pengeluaran maupun pemasukan.

Fungsi Sistem Manajemen Gudang

Sejatinya, manajemen gudang berfokus pada pengembalian, pengepakan, penyimpanan stock di dalam gudang, pergerakan dan aktifitas gudang lainnya. Bahkan manajemen yang tepat dapat menangani masalah-masalah yang menimpa perusahaan bagian gudang. Dengan begitu rantai suplay produk selalu lancar dan berkualitas sehingga tak membuat konsumen kecewa.

Mengingat, keberadaan sistem manajemen gudang sangat penting maka wajib digunakan. Bahkan menjadi kebutuhan utama sebuah perusahaan sejak awal di rintis hingga berkembang, berikut ada 3 fungsi sistem manajemen gudang yang dapat dijadikan pembelajaran, diantaranya adalah:

1. Menghandle Lokasi Dan Ketersediaan Stock Dengan Otomatis
Sejatinya, sistem manajamen gudang mampu mengatasi masalah gudang. Untuk itulah ketersediaan stock akan memadai, pengiriman barang tepat waktu, ketepatan waktu pengiriman dan mengoptimalkan segala kebutuhan gudang dalam pembagian inventori sesuai kebutuhan logistik.

Pihak perusahaan sangat terbantu dengan adanya sistem manajemen gudang. Tak ada kendala yang menyulitkan kegiatan perusahaan, malahan sistem manajemennya membuat perusahaan semakin maju dan selalu berkembang.

2. Memenuhi Permintaan Konsumen Secara Efektif
Semua pelanggan menginginkan permintaannya cepat di proses dan selalu berkualitas. Mereka tak mau tak ada kendala maupun hal buruk apa yang membuat permintaannya lebih lambat, jika permintaan lambat di proses maka mengancam nama baik perusahaan. Bisa saja perusahaan kehilangan banyak pelanggan dan dianggap tidak bertanggung jawab melayani kepuasan pelanggan, alahasil mereka tak mau membeli segala produk yang ditawarkan walaupun harganya terjangkau.

Sebaliknya, jika sistem manajemen gudang dijalankan dengan baik tak akan terjadi hal tak diinginkan tersebut. Tentunya, perusahaan mampu memenuhi permintaan pelanggan secara efektif dan mengedepankan kualitas. Apalagi tak semua pelanggan membuat permintaan dengan jadwal yang tepat loh, banyak pelanggan yang meminta di kirim produk dalam jumlah banyak secara mendadak. Tentunya hal tersebut menimbulkan masalah pada perusahaan jika tak memiliki sistem manajemen gudang yang bagus.

3. Menentukan Tingkat inventori Secara Tepat Waktu
Umumnya, banyak kendala yang berkaitan dengan gudang lantaran jumlah stock yang disebar ke seluruh lokasi perusahaan. Bayangkan saja jika perusahaan memiliki banyak cabang, tentu akan kewalahan jika tak menggunakan sistem manajemen gudang. Bahkan membuat aktifitas perusahaan tersendat lantaran banyak kendala, baik itu dari pelanggan maupun masalah perusahaan itu sendiri.

Untuk itulah sistem manajemen gudang adalah solusi tepat bagi perusahaan mengatasi segala masalah karena akan memantau jumlah persediaan stock sehingga manajer akan menghubungi secara langsung jika persediaan berkurang.