Jenis dan Fungsi Warehouse Yang Harus Dipahami

Jenis dan Fungsi Warehouse Yang Harus Dipahami – Warehouse biasa dikenal dengan gudang dan menjadi peranan penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Bahkan warehouse wajib dimiliki perusahaan manufaktur sehingga proses produksi berjalan dengan lancar, diantaranya adalah produksi, distribusi, penanganan bahan baku dan penting lainnya yang menunjang kelangsungan produksi. Bahkan adanya warehouse dapat mengimbangi permintaan pasar yang semakin meningkat namun dengan jangka waktu pesanan pelanggan yang relatif singkat.

– Jenis Dan Fungsi Warehouse Secara Umum
Jangan salah loh, warehouse memiliki banyak jenis yang fungisinya berbeda-beda. Namun prinsipnya tetap sama, yaitu membuat perusahaan semakin berkembang dari segala aspek. Apalagi berdasarkan wilayah geografisnya, warehouse terbagai menjadi 2, yaitu gudang nasional dan gudang regional. Gudang nasional memiliki fungsi melayani daerah di seluruh negara, sementara gudang regional melayani beberapa negara untuk wilayah tertentu.

Namun, untuk jenis produknya terbagi menjadi gudang penyimpan suku cadang, gudang perakitan. Selain itu gudang makanan siap jual maupun gudang makanan yang rusak juga disediakan, perlu diketahui ada gudang yang dikelola sendiri milik perusahaan manufaktur dan gudang yang dikelola oleh perusahaan penyedia jasa logistik. Namun, semua jenisnya menfasilitasi pergerakan rantai pasokan menuju konsumen. Untuk itulah berikut ada fungsi warehouse yang harus diketahui, diantaranya adalah:

– Menyediakan Informasi Material Perusahaan
Entah itu perusahaan kecil maupun besar pasti membutuhkan informasi meterial segala produk yang ditawarkan. Untuk itulah sistem manajemen gudang berfungsi menyediakan informasi material gudang sehingga pelanggan aman dan selalu mendapatkan produk sesuai keinginan, bahkan perusahaan akan mendap keuntungan besar dan nama baiknya semakin luas. Tak ayal kinerja perusahaan diakui masyarakat di seluruh wilayah.

Apalagi setiap orang pasti membutuhkan informasi suatu produk yang akan dibeli. Mulai dari kualitas produk, lama kadaluarsa dan hal penting lainnya yang menunjang produk harus diperhatikan. Jangan sampai perusahaan merugikan pelanggan karena berimbas buruk pada perusahaan.

– Menyimpan Produk
Warehouse juga berperan penting untuk menyimpan produk agar tetap berkualitas. Dengan begitu masyarakat tak akan ragu membeli produk di perusahaan anda karena tempat penyimpanan produknya terjamin dan bebas dari hal berbahaya. Misalnya disimpan di gudang yang luas dan bersih, tentunya dilengkapi dengan sirkulasi udara dan tidak selalu ditutup agar ruangan gudang tidak pengap dan menjadi sarang laba-laba.

Untuk itulah pihak perusahaan harus memaksimalkan warehouse agar memperoleh segala keuntungan. Sesuaikanlah warehouse dengan budget dan besar kecilnya perusahaan agar sebanding. Jika perusahaan anda sudah besar, pilihlah warehouse yang multifungsi dan membuat pelanggan tak meragukan perusahaan anda sebagai perusahaan besar yang mementingkan kualitas dan kuantitas segala produknya. Situs agen juga bekerja sama dan pernah memberikan layanan warehouse untuk penyimpanan data rahasia para membernya. Dengan begitu perusahaan akan berkiprah secara maksimal dan tak akan kalah saing dengan perusahaan lain karena kualitas setiap produk suatu perusahaan berbeda-beda.